PENDEKATAN FAKTOR MAKRO DAN FAKTOR MIKRO YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN (Studi Pada Industri Perumahan di Banjarmasin)

Faisal Akly, Arief Budiman, Nuril Huda

Abstract


Penelitian ini menganalisis pendekatan faktor makro dan faktor mikro yang menjadi pertimbangan konsumen terhadap keputusan pembelian rumah, penelitian tentang masalah ini adalah bagaimana pengaruh pendekatan makro dan pendekatan mikro terhadap pembelian rumah. Sampel penelitian sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan faktor makro dan pendekatan faktor mikro berpengaruh signifikan terhadap pertimbangan pembelian rumah


Full Text:

PDF

References


Alba dan Hutchinson. 1987. Journal of costumer research.Dimensions of costumer

Amalia, Yulini, 2006. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Arsila Bakery Banjarmasin. Tesis. Jurusan Manajemen. Fakulatas Ekonomi Unlam Banjarmasin.

Anastasia, Njo., Lieyanto, Yuliana., dan Wongosari, Felicia. 2005. Analisa faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelianpropertidi Citraraya Surabaya. Civil Engeneering Dimension, Vol. 7, 75-80, Septermber 2006.diakses tanggal 10 Oktober 2017.

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan, 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Bui, My H. 2005. Environmental Marketing : A Model Of Consumer Behavior Loyola University New Orleans. Association of Collegiate Marketing Educators.

Dwiastuti, ShitadanIsaskar. (2012). IlmuPerilakuKonsumen, Malang :ElekronikPertamadanTerbesar Indonesia.2015, 11 Maret. (Online).Diambildari :http://shinta.lecture.ub.ac.id/files/2012/10/PERILAKUKONSUMEN.pdf.Tgl 8 Mei 2015

Eckert, J.K, 1990,Property Appraisal and Assessment Administration, IAAO, Chicago Illinois.

Engel.James.F.Roger.D.Black Well And Paul.W.Miniard, 1995.,PerilakuKonsumen.Jakarta.BinaRupaAksara

Fahirah F., Armin BasongdanHermansyah H. Tagala, 2010. Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Jual Lahan Dan Bangunan Pada Perumahan Tipe Sederhana

Freddy, Rangkuti.2006. TeknikMengukurdanStrategiMeningkatkanKepuasanPelanggan.Jakarta :Penerbit PT GramediaPustakaUtama

Frick, Heinz dkk, 2001, IlmuKonstruksiBangunan Cara membangunkerangkaGedungIlmuKonstruksi 1, Kanisus, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2012. Aplikasi Multivarite dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harisdan Ullman, 1945, Struktur Tata Ruang Kota, PustakaPelajar, Yogyakarta

Hawkins,DelI. Best, Roger J. dan Coney, Kenneth A.2007.Consumer Behavior.NewYork:TheMcGraw–HillCompanies, Inc

Junaedi, S.M.F. (2005). PengaruhKesadaranLingkunganpadaNiatBeliProdukHijau: StudiPerilakuKonsumenBerwawasanLingkungan. JurnalManajemendanBisnis

Kasali, Rhenald. (1998). Segmentasi, Targeting dan Positioning.GramediaPustakaUtama.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisikeduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran . PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta

Kotler. Philip, 2010. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Prenhallindo. Jakarta

Lamb, Hair, Mc. Daniel, 2001. Pemasaram Buku 1. Salemba Empat. Jakarta

Lichfield, N danDrabkin, Darin. 1980. Land Policy in Planning. George Allen &Unwim LTD, London, United Kingdom

Mowen, John dan Michael Minor. 2009. PerilakuKonsumen. Jakarta :Erlangga

Mulyana, Deddy. (2008). IlmuKomunikasi: SuatuPengantar. Bandung: RemajaRosdakarya

Murwanti, Sri. 2010. Perilaku Konsumen dalam memilih Perumahan Pada Perumahan Cipta Laras Bulusulur Wonogiri. Jurnal Wacana, Vol.13 No. 1 Januari 2010.diakses tanggal 10 Oktober 2017

Nugroho, Setiadi. 2005. Perilaku Konsumen dan Implikas Untuk Stategi dan Penelitian Pemasaran. Pranada Media, Jakarta.

Olayinka C. Oloke., Funsho R. Simon., and Ayotunde F. Adesulu. 2013. An Examination of the factors affecting residential property values in Magodo neighbourhood, Lagos State. American Journal of Applied Sciences, 2013. diakses tanggal 10 Oktober 2017.

Park, R. E., Burgess, E. W., & McKenzie, R. D. (1925).The City. Chicago, Illinois: The University of Chicago Press

Peter, J. Paul, Jerry C. Olson, 2000. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Ratchatakulpat, Thanakon., Miller, Peter., Marchant, Teresa., 2010, Residential Real Estate purchase decisions in Australia, Southern Cross University, ePublications@SCU. Southern Cross Business Scholl. diakses tanggal 10 Oktober 2017.

Saifuddin Azwar. 2010. Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Samdahl. D.M & R. Robertson (1989), “Social determinants of environmental concern: specification and test of the model”, Enviroment and Behavior,

Santoso, Singgih, 2012. SPSS Versi 21.0 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta

Santoso, Singgih. 2010. SPSS (Mengelolah Data Statistk Secara Profesional). PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sarwoko. 2005. Dasar-dasar Ekonometrika. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Schiffman, L.G dan Kanuk, L.L 2008., Perilaku Konsumen., Edisi Ketujuh., Jakarta., Indeks.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). PerilakuKonsumen.Edisi Ke-7.DiterjemahkanolehZoelkifliKasip. PT. Indeks, Jakarta

Setiadi, Nugroho J. 2010. PerilakuKonsumen: PerspektifKontemporerpada Motif, Tujuan, danKeinginanKonsumen.Jakarta :Kencana.

Simamora, Bilson, 2010, Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Singarimbun Masri, 2011, Motede Penelitian Survai, Cetakan Kedelapan Belas, LP3ES, Jakarta

Stanton, J. William, 1996. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis. CV. AlfhaBeta. Bandung

Sumarwan, Ujang. 2004. Reset Pemasaran dan Konsumen. IPB Press. Bogor.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : PT. Rineke Cipta.

Sutisna. 2004. Perilaku Konsumen danKomunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosda- karya.

Suzy Widyasari dan Ema Triastuti Fifilia, 2009, Analisi Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah, Jurnal Berkala Ilmiah Efisien, Vol. 11, No. 25, pp 11-15, http://eprints.undip.ac.id (diakses tanggal 10 oktober 2017)

Swatsa, Batsu dan T. Hani Handoko, 1992. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku konsumen. Liberty. Jakarta

Thedja, Julian Pratama Putra dan Wiguna, I Putu Artama.2011. Analisa Ketertarikan Konsumen terhadap Properti “Dian Regency 2”. Jurnal Teknik Pomits Vol.6 No. 15 Juni 2011.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Umar, Husien, 2010. Metodelogi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Yeates, Maurice, dan Garner, Barry, 1980,The North American Cities, Third Edition, New York, Harper & Row Publishers

Yuli, Erlyrina Safitri, 2005. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Papa Ron’s Pizza Banjarmasin. Tesis. Jurusan Manajemen. Fakulatas Ekonomi Unlam Banjarmasin




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jwm.v8i3.239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JWM (Jurnal Wawasan Manajemen)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Wawasan Manajemen by Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at jwm.ulm.ac.id.