PERAN ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN PADA UMKM TANGGUI DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Studi Pada Pengrajin Tanggui Di Alalak)

RR Yulianti Prihatiningrum, Gusti Rina Fariany

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran. Responden dalam penelitian ini adalah pengrajin tanggui di Alalak, Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan, Indonesia yang berjumlah 70 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan survei dengan alat angket. Analisis verifikasinya menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling with Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk (didukung H1 dan H2), sedangkan orientasi pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh inovasi produk (didukung H3).

Keywords


market orientation, entrepreneurial orientation, product innovation, marketing performance, MSMEs Tanggui

Full Text:

PDF

References


Amabile, Teresa M.,1996, Assesing The Work Environment For Creativity, Academy of Management Journal, p.1154 – 1184.

Akimova, Irina, 1999,“Development of Market Orientation and Competitiveness of Ukrainian Firm”, European Journal of Marketing, p.1128-1146.

Bharadwaj,SundarG,P.R.Varadarajan,danJihnFahy,1993,SustainableCompetitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and ResearchPropositions, Journal of Marketing, Vol.57, Oktober, p.83-99.

Choirunnisa, (2012). Analisis Pola Klaster Dan Orientasi Pasar (Studi Kasus Sentra IndustriKerajinanLogamDesaTumangKecamatanCepogoKabupatenBoyolali). Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun2012

Ferdinand, Augusty., 2000a. “Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategy”. Research Paper Series. No. 01 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro (Maret).

Ho et al., 2017, Exploring market orientation, innovation, and financial performance in agricultural value chains in emerging economies, Journal of Innovation and Knowledge, Vol.3, 154-163.

Li, Ling X, 2000, An Analysis of Sources of Competitiveness and Performance of Chinese Manufacturers, International Journal of Operation and Production Management, Vol.20, No.3.

Lukas, A. Bryan and O.C. Ferrell, 2000, The effect of market orientation on Product Innovation, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol.28, No.2, pages 239-247.

Nataya dan Sutanto, 2018, The effect of product innovation and service innovation towards marketing performance, International of Management Business and Invention, Vo.7, Issue 8, p.61-66.

PrayitnodanWahyudi,2017,Linkingcustomerandcompetitororientationonbusiness performance, International Journal of Civil Engineering and Technology, Vo.8, Issue 9,p.71-81.

Salman, 2015, The effect of market orientation on product innovation, Journal of Business and Management, Vol.17, Issue 4, p.40-46.

Robbins, Stephen, 2002, Perilaku Organisasi; Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Alih Bahasa Hadyana Pujatmaka dan Benyamin Molan, PT. Prehallindo, Jakarta.

Tidd, Joe, 2001, Innovation Management in context ; environment, organization and performance, International Journal of Management Reviews, Vol. 3 Issue 3, pp. 169 – 183.

Wahyono, 2002, Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, No.1, Mei.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jwm.v8i3.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JWM (Jurnal Wawasan Manajemen)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Wawasan Manajemen by Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at jwm.ulm.ac.id.